eBay – Situs Lelang Online Dan $14.83 Hasil Penjualan Pertamanya

eBay – Situs Lelang Online Dan $14.83 Hasil Penjualan Pertamanya

posted in: Luar Negeri, Who's Who | 1

eBay adalah sebuah Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang e-commerce yang didirikan oleh Pierre Omidyar di tahun 1995. Perusahaan ini menyediakan jasa lelang dan jual beli secara online, dan salah satu yang selamat dari bencana dotcom di akhir abad lalu, dan terus bertahan dan menuai kesuksesan hingga saat ini.

 

Sejarah Awal Dan Model Bisnis

 

Pierre Omidyar mulai mengerjakan cikal bakal eBay di tahun 1995 dari ruang tamu apartemennya di San Jose Kalifornia di akhir minggu setelah perayaan hari buruh.

Dia membuat sebuah program komputer sebagai pengembangan dari website pribadinya bernama AuctionWeb, yang didedikasikan untuk membawa pembeli dan penjual bersama dalam satu market place yang terbuka dan jujur.

Bermula dari hobi, namun karena banyaknya pengunjung setiap hari mengakibatkan lonjakan trafik sekaligus tagihan bulanan dari penyedia jasa layanan internet yang mengharuskannya untuk mengupgrade ke layanan bisnis.

Omidyar harus membayar tagihan internet sebesar $250 dari sebelumnya hanya $30 per bulan, sehingga dia mulai membebankan fee kepada pengguna eBay, dan mempekerjakan Chris Agarpao mulai bulan Juni 1996 sebagai karyawan pertama untuk menghandel fee yang dibayarkan pengguna.

Barang yang pertama kali terjual adalah sebuah laser pointer rusak seharga $14.83, yang membuat Omidyar tercengang dan kemudian menghubungi pembelinya, seorang dari Kanada bernama Mark Fraser dan menanyakan apakah dia tahu bahwa barang yang dibelinya adalah barang rusak.

Dalam email jawabannya, Mark Fraser menegaskan bahwa dia adalah seorang kolektor laser pointer rusak. Pada bulan Juni itu juga, barang-barang yang dijual melalui AuctionWeb mencapai nilai sebesar $7.2 Juta

Karena perkembangannya yang begitu cepat, di bulan Juli 1996 Omidyar keluar dari pekerjaannya dan secara penuh fokus mengembangkan AuctionWeb dan merekrut Jeffrey Skoll sebagai Presiden Perusahaan.

Di bulan Oktober, Pierre dan Jeff menyewa sebuah ruangan kecil #250 di 1025 Hamilton Avenue San Jose Kalifornia. Kemudian Perusahaan melakukan kerja sama pertama dengan pihak luar untuk menjual tiket pesawat dan produk travel terkait lainnya.

Dengan pertumbuhan yang sangat cepat, pada bulan Januari 1997 saja situs ini sudah menangani 2 juta pelelangan dibandingkan dengan hanya 250 ribu pelelangan di keseluruhan tahun 1996.  

eBay kemudian berkembang menjadi komunitas perdagangan dan lelang online person to person melalui internet. Penjual dan pembeli dipertemukan dengan cara penjual menampilkan daftar barang dan jasa yang akan dijualnya, pembeli dapat menawar barang atau jasa yang diminati, dan eBay menempatkan kesemuanya dalam sistem yang full otomatis.

Daftar item dikelompokkan berdasarkan topik, dan setiap tipe lelang memiliki kategori masing-masing sehingga memungkinkan penjual untuk mendaftarkan barang dan jasa yang akan ditawarkan secara cepat dalam hitungan menit.

eBay akan mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada penjual dan pembeli pada akhir lelang, pada saat penawaran dari calon pembeli yang masuk melampaui harga minimal yang ditetapkan penjual.

Pembeli tidak dikenakan biaya apapun, tetapi eBay memungut sejumlah fee dalam jumlah tertentu kepada penjual untuk setiap barang yang didaftarkan dan memungut kembali fee berikutnya pada saat barang terjual.

 

eBay photo
Photo by JeepersMedia

 

 

 

 

Mencetak Rekor & Perkembangan Selanjutnya

 

Pada bulan Mei 1997 Perusahaan berhasil mencetak rekor dengan menjual boneka-boneka Beanie Babies Craze senilai total $500 Juta.

Di sepanjang bulan April – Juni Perusahaan meluncurkan fitur Forum Feedback yang memungkinkan para anggota untuk memberikan penilaian (rating) terhadap transaksi yang mereka lakukan, sekaligus menciptakan komunitas virtual untuk membangun keterbukaan dan rasa saling percaya di antara mereka.

Pada periode yang sama Perusahaan kembali mencetak rekor volume penjualan, kali ini untuk boneka Sesame Street bernama A Big Bird Jack-in-the-box yang berhasil terjual sebanyak jutaan unit.

Kemudian Perusahaan secara resmi mengubah namanya menjadi eBay di bulan September 1997 , berasal dari Perusahaan konsultan milik Omidyar bernama Echo Bay Technology Group.

Pada mulanya dia mendaftarkan nama domain echobay.com tetapi ternyata sudah dipakai oleh Echo Bay Mines, sebuah Perusahaan pertambangan emas sehingga akhirnya Omidyar memperpendek nama domain yang didaftarkan menjadi eBay.com.

Pada tahun 1997 juga Perusahaan mendapatkan pendanaan sebesar $6.7 Juta dari Perusahaan Venture Capital bernama Benchmark Capital.

Pada bulan Februari 1998 Omidyar dan Skoll mengajak Meg Whitman, seorang alumni Universitas Harvard yang telah berpengalaman sukses dalam membuat strategi Perusahaan dan menekankan pentingnya branding.

Pada saat itu Perusahaan sudah memiliki 30 orang karyawan, 500 ribu pengguna, dan pendapatan $4.7 Juta. Mereka bertiga kemudian bersama-sama merumuskan visi Perusahaan untuk menghubungkan orang-orang, bukan hanya sekedar menjual barang kepada mereka.

Pada bulan Juli Perusahaan melakukan akuisisi pertamanya dengan membeli Jump Inc., yang memiliki situs penjualan online orang ke orang bernama Up4Sale. Pada tanggal 21 September 1998 eBay menjual sahamnya melalui Penawaran Saham Perdana (Initial Public Offering, IPO) di bursa saham Nasdaq dengan symbol EBAY.

Meskipun harga yang diharapkan hanya $18 per lembar, namun ternyata harga saham melonjak menjadi $53.5 dalam perdagangan sehari, dan menjadikan Omidyar dan Jeff Skoll kaya mendadak.

Sebagai rasa syukur atas keberhasilan yang telah dicapai, di bulan Desember Perusahaan membentuk Yayasan eBay, yang sejak saat itu telah menyumbang lebih dari $30 Juta kepada berbagai lembaga nirlaba di seluruh dunia.

Tahun 1999 diawali dengan bencana yang cukup parah, dimana pada tanggal 10 Juni 1999 situs eBay.com mati, dan kembali beroperasi normal setelah kurang lebih 20 jam ditangani oleh 50an Insinyur dari Perusahaan dan Sun Microsystem / Oracle.

Pada bulan Juli, ekspansi global dimulai dengan membuka dan mengoperasikan situs di Jerman, Australia, dan Inggris (sampai dengan sekarang eBay tersedia di lebih dari 180 negara, termasuk Indonesia).

 

Pertumbuhan di Abad 21 & Sekarang

 

Mengawali era abad 21, pada bulan Januari 2000 kantor Perusahaan pindah ke gedung baru yang dikenal sebagai eBay Park. Perusahaan semakin memperbanyak kategori barang yang bisa dijual menjadi hampir apa saja, membuat pertumbuhan semakin cepat.

Pada bulan April diluncurkan eBay Motors, sebagai marketplace online untuk otomotif (di tahun 2006 eBay Motors berhasil menjual lebih dari 2 juta unit kendaraan penumpang).

Di bulan Juni Perusahaan mendirikan eBay University, ditandai dengan penyelenggaraan pelatihan pertama mengenai bagaimana menjadi penjual ulung. Format pembelajaran tersebut ternyata menuai sukses besar sehingga berlanjut dengan penyelenggaraan kelas-kelas pelatihan di seluruh dunia hingga saat ini.

Pada bulan Juli Perusahaan membeli half.com yang semakin memudahkan orang untuk menjual filem, musik, buku, dan game secara online.

Memasuki tahun 2001, Perusahaan berhasil menjual sebuah celana jeans tertua buatan Levi Strauss & Co. senilai $46 ribu yang menjadikannya sebagai celana jeans termahal sedunia.

Rekor selanjutnya ditorehkan oleh sebuah penjualan pesawat jet Gulfstream senilai $4.9 Juta, menjadikannya sebagai item dengan harga penjualan tertinggi sepanjang sejarah eBay pada saat itu.

Pada bulan Februari 2002 Perusahaan membeli iBazar yang merupakan situs lelang online di Eropa yang didirikan di tahun 1998, dan kemudian membeli Paypal pada tanggal 3 Oktober 2002.

Pada bulan Oktober 2005 Perusahaan mengakuisisi Skype (pada tahun 2009 70% saham Skype dijual kepada investor).

Di bulan Februari 2006, Perusahaan berhasil menjual sebuah kapal yacht raksasa yang didesain oleh desainer yacht terkemuka bernama Frank Mulder, senilai $168 Juta, menjadikannya item dengan harga penjualan tertinggi sepanjang sejarah eBay.

Pada awal tahun 2008 Perusahaan telah berkembang ke seluruh dunia dengan ratusan juta pengguna yang telah terdaftar, memiliki 15 ribu lebih karyawan di seluruh dunia, dan pendapatan hampir mencapai $7.7 Milyar.

Namun di tahun yang sama Whitman mengajukan pengunduran diri dari posisinya setelah hampir 10 tahun terakhir, dan digantikan oleh John Donahoe sebagai Presiden dan CEO Perusahaan.

Pada tanggal 30 September 2014 Perusahaan mengumumkan bahwa Paypal dipisahkan dari Perusahaan untuk menjadi Perusahaan independen dan akan diperdagangkan tersendiri di lantai bursa sebagai Perusahaan Publik.

Proses pemisahan (spinoff) tersebut selesai pada tanggal 18 Juli 2015, disusul dengan mundurnya John Donahoe dari posisinya dan digantikan oleh Devin Wenig.

Memasuki tahun 2016, Perusahaan melakukan kerja sama dengan sebuah Perusahaan pengecer dari Australia dan meluncurkan Toserba Virtual Reality pertama di dunia.

Sementara di bulan Juni lalu, telah tercipta rekor lelang baru untuk makan siang bersama milyarder Warren Buffet senilai hampir $3.5 Juta, yang hasilnya untuk disumbangkan kepada kaum miskin dan tuna wisma di San Francisco.

Sepertinya langkah eBay untuk mengembangkan sayap bisnisnya terus berlanjut dengan melakukan berbagai akuisisi dan pengembangan bisnisnya secara agresif ke depan.

Kita tunggu saja apa dan bagaimana perkembangan selanjutnya.