Facebook – Situs Jejaring Sosial Paling Fenomenal dan Kontroversinya

Facebook – Situs Jejaring Sosial Paling Fenomenal dan Kontroversinya

posted in: Luar Negeri, Who's Who | 4

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial terbesar dan terpopuler di dunia, yang menghubungkan milyaran orang dari berbagai belahan dunia.

Pada saat ini, 1 dari 7 orang di seluruh dunia telah mengakses facebook.

 

Berawal Dari Facemash

 

Cerita tentang facebook berawal di bulan Oktober tahun 2003.

Saat itu, seorang mahasiswa Universitas Harvard bernama Mark Zuckerberg, yang juga seorang programmer komputer, bersama 3 teman sekelasnya yaitu Eduardo Saverin, Dustin Moskovitch, dan Chris Hughes, mengembangkan sebuah jejaring sosial untuk teman-temannya di Harvard bernama Facemash.

Facemash dibuat Mark and the gang untuk memenuhi keisengan khas anak muda.

Dimana pengunjung facemash.com (mereka adalah teman-teman kuliah Mark) dapat membandingkan 2 foto mahasiswi Harvard secara berdampingan untuk menentukan mana yang “Hot” atau yang lebih atraktif.

Mark melakukannya dengan meretas sistem keamanan jaringan dan mencuri database mahasiswi Universitas.

Karena kasus peretasan dan pencurian itu, Mark diharuskan menutup situs facemash.com beberapa hari kemudian dan bahkan hampir dikeluarkan dari Harvard.

Namun, satu pelajaran berharga yang telah diambil Mark dari kejadian itu adalah sangat jelas.

Bahwa orang cenderung ingin “narsis” tampil di internet dan juga “kepo” ingin tahu foto-foto teman-teman mereka di internet.

Dalam 2 minggu beroperasinya, Facemash telah dikunjungi 450 orang, dimana mereka telah memberikan penilaian atas foto-foto yang ditampilkan sebanyak 22,000 kali.

Artinya, masing-masing orang telah menilai keatraktifan para mahasiswi yang ditampilkan di situs Facemash sebanyak 48 kali.

Kenyataan ini mendorong Mark untuk mengembangkan lebih lanjut proyek isengnya tersebut secara lebih serius dengan mendaftarkan domain thefacebook.com pada tanggal 11 Januari 2004.

Domain ini kemudian berkembang dengan sangat luar biasa cepat, termasuk betapa cepatnya thefacebook.com menjadi kontroversi.

 

facebook photo

 

Kontroversi

 

Seminggu setelah peluncurannya, 3 orang senior Mark di Harvard yang bernama Cameron & Tyler Winklevoss serta Divya Narendra menuntut Mark di pengadilan.

Dengan tuduhan telah mencuri ide mereka dari website jejaring sosial harvardconnection.com milik 3 sekawan tersebut.

Cerita bermula pada musim gugur tahun 2003, ketika ketiganya sedang mencari seorang web developer untuk mengembangkan sebuah jejaring sosial untuk mahasiswa dan alumni Harvard yang diberi nama harvardconnections.com.

Pada awalnya sudah ada Victor Gao, seorang mahasiswa Harvard, yang mengerjakan coding untuk situs tersebut.

Namun kemudian Victor mundur dan merekomendasikan Mark Zuckerberg sebagai pengganti dirinya.

Victor mengajukan Mark dengan dua alasan.

Yang pertama adalah karena Mark sudah kondang dan menjadi seleb di Harvard dalam waktu singkat karena kasus facemash.

Yang kedua adalah karena walaupun hanya berumur sangat pendek (karena ditutup oleh pihak berwenang di Harvard), facemash telah mencapai popularitas yang sangat cepat.

Singkat cerita, akhirnya Mark sepakat untuk membantu pengembangan harvardconnection.com, setelah berdiskusi mengenai ide dan rencana pengembangan situs tersebut dengan Cameron, Tyler, dan Divya.

Namun beberapa waktu kemudian Mark meluncurkan thefacebook.com, yang membuat mereka merasa telah dikhianati dan dicuri idenya oleh Mark.

Setelah berjalan beberapa waktu dan mengalami beberapa persidangan, pada akhirnya tuntutan hukum tersebut dicabut dan bisa diselesaikan di luar pengadilan secara tertutup.

 

Arti Sebuah Nama

 

Nama Facebook berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa di tahun pertama akademik oleh beberapa Universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.

Pada awalnya keanggotaan thefacebook.com hanya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.

Pada bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale, kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain,Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Pada tahun 2004, seorang Angel Investor bernama Sean Parker, yang merupakan pendiri Napster dan penasihat tidak resmi Mark, diangkat menjadi Presiden Perusahaan.

Sebelumnya, di bulan Juni 2014 thefacebook.com memperoleh pendanaan pribadi sebesar $500 ribu dari Peter Theil, salah seorang founder Paypal, dimana Peter mendapatkan 10.2% saham.

Per 30 Desember 2014, the facebook.com telah mendapatkan lebih dari 1 juta anggota yang mendaftar, dan segera sesudahnya Sean mengubah nama thefacebook.com menjadi facebook.com setelah membeli domain tersebut seharga $200,000 di tahun 2005.

Perkembangan selanjutnya dari Facebook adalah sungguh sangat luar biasa.

Facebook juga melakukan beberapa akuisisi terhadap beberapa Perusahaan, termasuk Instagram di bulan April 2012 dengan nilai pembelian sebesar $1 Milyar.

Serta yang paling fenomenal adalah pembelian Instant Messaging Whatsapp senilai $19 Milyar pada tanggal 20 Februari 2014.

Menurut situs url.com, saat ini facebook.com mendapatkan kunjungan unik perhari sebanyak lebih dari 1 milyar, dengan pendapatan harian sebesar lebih dari $8 juta, dan estimasi nilai domain facebook.com sebesar hampir $9 Milyar.