16 Alasan Mengapa Harus Menulis Blog

16 Alasan Mengapa Harus Menulis Blog

posted in: Blog | 2

Apakah Blog Itu?

 

Blog adalah singkatan dari WebLog, yaitu suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah situs (website) yang menampilkan suatu catatan informasi  yang berkelanjutan.

Sebuah blog biasanya menampilkan tulisan / artikel yang dimuat dalam bentuk posting yang ditampilkan dalam urutan terbalik (konten terbaru diikuti konten sebelumnya),

dilengkapi dengan fitur komentar dan juga tautan (link) dari artikel tersebut ke sebuah atau  berapa halaman  website lainnya.

Sebuah blog bisa membahas subyek yang sangat spesifik sampai yang sangat luas, dari subyek yang sangat umum sampai yang sangat pribadi dan sensitif, semua sangat memungkinkan, tergantung dari kemampuan dan preferensi anda sebagai pemilik blog tersebut.

 

Mengapa Harus Menulis Blog? Apa Manfaatnya ?

 

Banyak alasan bagus buat anda yang baru mulai atau baru mau memulai blogging, siapapun anda, apapun profesi anda, dan berapapun umur anda. Berikut adalah beberapa alasan yang (barangkali) bisa mewakili alasan sebagian orang mengapa harus menulis blog.

 

  1. Aktualisasi diri

 

Menurut seorang psikolog terkenal Abraham Maslow, tingkatan tertinggi dari kebutuhan dasar manusia adalah berupa aktualisasi diri.

Maslow melukiskan kebutuhan akan aktualisasi diri ini sebagai hasrat seseorang untuk semakin menjadi diri sendiri sepenuh kemampuannya sendiri, atau menjadi apa saja menurut kemampuannya.

Nah, dengan menulis blog, anda bisa memenuhi semua hasrat terpendam yang mungkin tidak bisa, belum bisa, atau kurang bisa diekspresikan di dalam aktifitas keseharian anda.

Misalnya, anda adalah seorang PNS yang harus patuh pada peraturan untuk tidak boleh berpolitik praktis selama masih aktif menjadi PNS. Padahal anda memiliki passion yang tinggi terhadap dinamika dunia sosial – politik di tanah air tercinta. Namun terbelenggu dengan peraturan yang ada untuk bisa mengekspresikannya.

Nah, dengan menulis blog, anda bisa lebih leluasa mengekspresikan pandangan politik, melakukan kritik sosial, ataupun menulis keseharian, kegalauan, dan berbagai hal lain yang tidak dapat dilakukan sebagai seorang Pejabat.

Anda tidak harus mengungkapkan jati diri sebenar-benarnya untuk menjadi seorang blogger, sekiranya takut, malu, atau sungkan kalau ketahuan menulis sesuatu yang sensitif untuk jabatan anda, misalnya.

 

  1. Mengisi waktu luang dengan produktif & tidak menyia-nyiakan waktu

 

Semua orang, sesibuk apapun dia pasti memiliki waktu luang, walaupun hanya sedikit. Menulis blog bisa menjadi alternatif kegiatan positif untuk memanfaatkan waktu luang yang tersedia dengan kegiatan yang produktif.

Dengan demikian, tidak ada waktu yang terbuang percuma dengan hanya bengong nggak tahu mau ngapain, he..he…

 

  1. Refreshing

 

Menulis blog bisa menjadi jurus ampuh melawan kebosanan dari aktifitas rutin harian yang melelahkan. Dengan ngeblog, anda bisa menulis berbagai hal yang anda sukai, menulis hal yang dikuasai, atau menulis sesuatu yang menghibur, ataupun yang lain.

Anda bisa menulis tentang perkembangan harian buah hati yang lucu dan menggemaskan, menulis tentang kegiatan komunitas hobi yang anda ikuti, atau menulis resep masakan favorit keluarga, atau menulis apa saja yang lain.

Yang penting bikin happy…

 

  1. Mengasah otak & kemampuan menulis

 

Pada saat menulis blog, anda berarti sedang mengasah kemampuan otak kiri (yang berkaitan dengan analisis rasional),  sekaligus otak kanan yang akan leluasa mencipta segala daya kreatif, intuisi, dan rasa.

Dengan terciptanya keseimbangan otak kiri dan kanan tersebut maka akan tercipta keseimbangan pikiran yang akan meningkatkan kesehatan mental dan sekaligus kekuatan fisik.

 

mengapa harus menulis blog

 

 

Dengan sering menulis, walaupun pada awalnya tidak mudah, tapi jika dilakukan secara terus menerus dan rutin, maka kemampuan menulis akan terasah dan meningkat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas tulisan.

 

  1. Mengembangkan dan menuangkan ide-ide & gagasan

 

Blogging adalah sarana terbaik untuk mengembangkan dan menuangkan segala ide, gagasan, maupun pendapat kepada dunia, dan sekaligus menunjukkan eksistensi dan kapabilitas anda.

Jangan kuatir dengan pro dan kontra atas tulisan anda, karena kalau sudah menimbulkan pro dan kontra berarti blog anda sudah berhasil menarik banyak pengunjung, dan itu adalah sinyal bagus untuk anda semakin produktif menulis dan menulis lagi.

Dan kalau sudah begitu berarti blog anda sudah siap untuk menghasilkan uang. Salah satu contoh blogger yang berhasil dengan tulisan yang memancing pro dan kontra seperti ini misalnya Denny Siregar di blognya www.dennysiregar.com.

 

  1. Mencegah kepikunan

 

Menulis artikel di blog sangat erat sekali kaitannya dengan kesehatan kerja otak. Kalau tubuh butuh olahraga supaya sehat dan bugar, hati butuh ibadah supaya jernih dan tenang, maka otak juga butuh “olahraga” dengan cara selalu dibiasakan bekerja dengan optimal.

Salah satu cara mengoptimasi kerja otak adalah dengan menulis. Tentu saja tidak sembarang tulisan, tetapi tentu saja tulisan tersebut harus berkualitas relatif tinggi sehingga otak akan selalu bekerja untuk mengumpulkan beragam referensi untuk menghasilkannya.

Jika terus dibiasakan demikian, maka otak tidak akan pikun atau menjadi pelupa di saat tua, karena ibarat pedang, semakin sering diasah dan digunakan, maka akan semakin baik dan tajam, begitu pula dengan otak manusia.

Itulah kenapa juga artikel yang anda tulis di blog harus orisinal dan berkualitas, tidak boleh “copas”, karena dengan artikel yang orisinil dan berkualitas itu kesehatan otak anda akan terjaga, disamping artikel tersebut akan mendapatkan penghargaan yang tinggi dari Google.

 

  1. Merekam jejak sejarah

 

Kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan sejarah masa lampau yang terekam, dan kemudian berkembang sampai dengan saat ini salah satunya adalah karena semuanya direkam dalam manuskrip atau tulisan.

Nah, dengan menulis di blog, anda sedang merekam sebuah jejak sejarah tentang diri anda. Anda akan menjaga kelestarian ilmu yang dimiliki, mengungkapkan pendapat, opini, pemikiran, menuangkan ide, gagasan, dan menyebarkannya kepada siapapun yang membaca blog anda.

Jadi, mulailah menorehkan sejarah dalam hidup, tebarkanlah kebaikan, ilmu yang bermanfaat, inspirasi, dan berkah dari tulisan anda kepada dunia melalui blogging.

 

  1. Media belajar

 

Menulis adalah media belajar yang sangat efektif, karena akan mendorong dan menuntut anda untuk menyerap, menggali, dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Pada saat proses mengumpulkan dan menyerap informasi-informasi untuk menunjang tema penulisan tadi, sebenarnya anda sedang tenggelam dalam mode belajar, sehingga pada akhirnya tulisan yang dihasilkan akan menjadi sesuatu yang berkelas, membawa manfaat, dan “berdaging”.

Jadi, dengan menjadi blogger anda pada saat bersamaan juga menjadi seorang pembelajar yang aktif.

 

  1. Membentuk pribadi yang bijak & santun

 

Dalam proses penulisan artikel di blog, nantinya anda akan banyak membaca dan mencari banyak referensi baik berupa artikel dari blog atau situs lain, buku, ataupun terlibat aktif dalam suatu forum online.

Dalam proses tersebut anda akan banyak menemukan gaya dan bahasa penulisan yang beragam walaupun membahas topik yang sama dari berbagai blog yang anda kunjungi, demikian pula tampilan blog ataupun yang lainnya.

Atau dalam sebuah forum online, dimana biasanya ada moderator dan aturan yang membatasi bagaimana anggota forum harus menuliskan komentar atau pertanyaannya.

Kesemuanya itu akan memperkaya khazanah pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan untuk pengendalian diri sehingga anda bisa menjadi pribadi yang lebih bijak, santun, dan berkualitas.

ITU…(Mario Teguh mode on).

 

  1. Media komunikasi yg baik

 

Menulis adalah salah satu media komunikasi terbaik, karena dihasilkan dari suatu proses belajar, mencari, dan menyaring informasi sebelum dituangkan ke dalam sebuah draft artikel, mengedit, mereview, melakukan finalisasi dan kemudian menyebarkannya.

Dengan demikian, pada saat anda memposting artikel di blog, proses panjang sudah dilewati sehingga menghasilkan sebuah karya yang berkualitas.

Kualitas dari artikel yang anda hasilkan itulah yang akan menjadi alat komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pesan, informasi, atau membawa manfaat kepada pengunjung blog anda, sehingga mereka akan lebih mengenal dan menghargai diri anda melalui tulisan-tulisan tersebut.

 

  1. Membangun kredibilitas & kepercayaan

 

Ngeblog juga bisa menjadi sarana untuk membangun kredibilitas dalam suatu niche dimana anda menulis blog dengan niche tersebut. Misalnya anda adalah seorang yang sangat paham dan update dengan perkembangan teknologi gadget, misalnya.

Anda bisa menuliskan review terhadap suatu produk, memberikan tips pemilihan, perawatan, dan juga membuka forum diskusi di blog berkaitan dengan keahlian anda tersebut.

Dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya orang yang mengenal blog anda, maka kredibilitas anda akan meningkat, ditandai dengan semakin banyaknya kunjungan ke blog untuk membaca ulasan, review, dan tips-tips dari anda.

 

  1. Media promosi

 

Bagi yang sudah memiliki bisnis offline, dengan menulis blog yang terkait dengan bisnis tersebut bisa menjadi sarana atau media promosi yang efektif.

Anda bisa menuliskan perkembangan dari awal merintis usaha, perkembangannya sekarang, testimoni konsumen, program diskon yang diadakan, atau berbagai hal lain yang kemudian membuat bisnis offline anda menjadi semakin dikenal karena promosi dari blog yang anda tulis.

 

  1. Hiburan yang menyenangkan

 

Mengerjakan sesuatu yang menyenangkan bisa menjadi hiburan. Bisa menjadi sarana refreshing, dan melupakan kepenatan aktifitas harian yang melelahkan.

Kalau anda bisa mendapatkan kenikmatan dari menulis sesuatu yang sangat disukai, bisa jadi hal itu akan menjadi media refreshing yang murah, bermanfaat bagi banyak orang, dan menghasilkan.

 

  1. Menghibur dan Menginspirasi Orang

 

Beberapa saat yang lalu ramai di media sosial humor tentang Mukidi. Ternyata asal muasal humor tersebut adalah dari sebuah blog www.ceritamukidi.wordpress.com. Penulis dan pemilik blog tersebut adalah seorang pensiunan yang bernama Soetantyo Moechlas yang kini berusia 62 tahun.

Pak Soetantyo menggunakan waktu luangnya sebagai pensiunan dengan kegiatan produktif menulis blog yang menghibur dan juga menginspirasi banyak orang.

 

  1. Membangun jaringan dan menghasilkan uang

 

make money mengapa harus menulis blog

Suatu saat nanti, pada saat pengunjung blog anda sudah banyak, maka anda akan lebih dikenal oleh berbagai kalangan pengunjung blog anda.

Dengan demikian jaringan pertemanan anda akan bertambah, dan dengan semakin luasnya jaringan maka kesempatan dan uang juga akan lebih banyak datang.

Anda akan bisa menghasilkan uang dari blog anda, atau menghasilkan uang dari kehadiran anda sebagai nara sumber, trainer, motivator, atau apapun.

 

  1. Memberi Manfaat dan Berbagi Kepada Lebih Banyak Orang

 

Keberhasilan blog anda, akan membawa manfaat bukan hanya ke anda pribadi tetapi juga ke lebih banyak orang disekitar anda.

Bukankah mereka yang datang ke blog anda pasti mencari sesuatu yang akan bermanfaat untuk mereka?

Bukankah yang mengunjungi blog anda setiap hari tidak hanya ratusan, tetapi ribuan, puluhan ribu, atau bahkan ratusan ribu pengunjung setiap hari?

Tidakkah itu berarti anda telah memberi manfaat kepada banyak sekali orang sekaligus berbagi ilmu, tips, kegembiraan dan banyak lagi yang lain kepada mereka?

Atau uang yang dihasilkan dari blog anda akan membuat anda bisa membantu lebih banyak kaum miskin, anak-anak yatim ataupun mereka yang membutuhkan bantuan finansial?

Masih banyak lagi alasan yang bisa dikemukakan mengenai mengapa harus menulis blog. Anda bisa menemukan alasan yang sama atau bahkan sama sekali berbeda, yang barangkali bersifat pribadi, atau bahkan sentimentil.

 

Jadi, apa alasan anda mengapa harus menulis blog?